Manajer Pemasaran
Atasan Langsung | : | General Manager |
Bawahan Langsung | : | Asisten Pemasaran |
Tanggung Jawab Utama
- Merencanakan strategi pemasaran.
- Mengadakan pembinaan dan pengembangan jalur pemasaran.
- Menyelenggarakan riset pasar
- Mengupayakan dan memenuhi undangan tender yang didapat.
- Mengkoordinasikan proses penawaran dengan fungsi terkait.
- Menyajikan informasi harga perkiraan dari pemilik/pesaing.
- Melaksanakan penerapan sistem manajemen mutu yang dikembangkan perusahaan.
- Membina fungsi di lingkungannya dan SDM yang menjadi tanggung jawabnya sesuai dengan arah perkembangan perusahaan.
- Melaksanakan koordinasi dengan pihak eksternal yang terkait dengan fungsi pemasaran dalam rangka upaya optimalisasi perolehan pesanan, undangan tender.
- Evaluasi tender yang kalah dan kondisi pasar
Indikator Keberhasilan
- Laporan aktivitas pemasaran dilaksanakan setiap 3 (tiga) bulan sekali.
- Informasi tentang undangan tender selalu lengkap.
- Berkas tender selalu tepat waktu.
- Memperoleh informasi pasar tentang proyek potensial untuk … tahun mendatang.
- Pemutakhiran informasi pasar, peluang proyek, harga perkiraan secara bulanan.
- Tinjauan terhadap prosedur, standar yang terkait dengan fungsi pemasaran maksimal 1 (satu) tahun sekali.
Wewenang
- Menetapkan partner kerjasama untuk pemasaran.
- Menetapkan prospek/pelanggan yang akan dijadikan target pasar.
- Menetapkan biaya yang diperlukan untuk kegiatan pemasaran sesuai plafon yang telah ditetapkan.
- Menetapkan program pembinaan pelanggan, calon pelanggan/pelanggan potensial
- Menetapkan jadual promosi, riset pasar terpadu, prakualifikasi, tender.
- Menetapkan strategi, standar, prosedur yang terkait dengan fungsi pemasarn.
- Menilai kinerja bawahan langsung.
- Menetapkan jadual perjalanan dinas bawahan.
sumber : http://sugwan.multiply.com/journal/item/163/_Tanggung_Jawab_Utama_Manajer_Pemasaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar